Jumat, 29 Mei 2009

PARADIGMA BARU SEKOLAH INTERNASIONAL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE

1. Sekolah menjadi pusat sumber daya manusia sepanjang hayat.

2. Aktivitas sekolah berdampak langsung terhadap keluarga dan masyarakat sekitarnya.

3. Sistem kurikulum dan manajemen sekolah BOTTOM => UP. Segala yang menjadi kebutuhan masyarakat dan pelajar diangkat menjadi satu bentuk pembelajaran.

4. Setiap pelajaran terintegrasikan dengan 3 mata pelajaran utama, yaitu: · belajar tentang cara belajar. · belajar tentang cara berpikir. · belajar tentang aplikasi kehidupan sehari-hari.

5. Belajar yang menggembirakan, mengasuh, dan berpusat pada siswa.

6. Sekolah menawarkan pilihan sesuai dengan bakat siswa. Berdasar hasil dan kreativitas.

7. Pendekatan belajar holistik, kontekstual dan saling berkaitan.

8. Belajar yang memanfaatkan seluruh otak, multi indera, dan aktif secara fisik.

9. Gambar dan pengalaman konkrit sebagai landasan belajar.

10. Semua siswa dianggap pandai dan semua pelajaran mudah.

11. Guru mengajar dengan Student Talking time, Interactive book, Global analysis dan Heterogen.

12. Guru memberikan informasi berupa pengalaman sebelum sampai konsep.

13. Guru harus mengakui setiap usaha siswa, baik jawaban yang benar maupun yang salah.

14. Prioritas dalam mengajar adalah 20% penyampaian guru dan 80% aktivitas siswa.

15. Pada semua lingkungan ada proses belajar, belajar tidak hanya tidak hanya di dalam kelas.

16. Guru sebagai aktor di dalam kelas yang membuat siswa terkesima dan senang.

17. Guru mengajar menurut gaya belajar siswa dan kecenderungan kecerdasan siswa.


Salaam Great Teacher,

Amin Fa.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

salam sukses

saya sangat tertarik sekali dengan metode pembelajaran "multipel intellegen" ini dan saya ada pertanyaan...?

- sudahkah "sekolah multipel intellegen" dibuka untuk wilayah kalimantan timur
"balikpapan"

Unknown mengatakan...

apakah sekolah model ini sdh dibuka di Jakarta?