Brain Based and Holistic Learning - BBHL
Oleh : Amin Fa, S.Psi, M.Pd, CTL, CH, CHT, CI
CEO aminfainstitute
”
Metodologi Pengajaran Moderen Yang Melibatkan Seluruh Modalitas Belajar Dan
Gaya Belajar Siswa Menuju Sekolah Unggul
Sesuai Arah Penciptaan Manusia”
Mencerna
Pelajaran :
•
2 Faktor Pencerna Dalam Diri
Siswa :
–
Problem-Solving
–
Creativitas
• Pengulangan
terhadap 2 Hal diatas sampai SISWA MAMPU
Faktor Pembelajaran :
•
Glukokortikoid (hormon Stress)
bila dilepas berlebihan menjadi racun pada neuron (sel otak) dan merusak
memory.
•
Neurotransmiter (kimiawi otak)
yang mengembangkan pengalaman pembelajaran
Anatomi dan Fungsi Kerja Otak :
• Otak
Reptil : Pusat Kendali, Syaraf Otonom, Kondisi terancam, Stress, Marah
• Otak
Mamalia : Pusat Emosi, Pengendali Hormon kekebalan, Kondisi Emosional
• Otak
Modern (Neokortek) : Pusat Kecerdasan, Syaraf Berfikir, Kondisi Rileks,
Tenanng, Senang
Otak Secara Konstan Melakukan Hal
Berikut :
• Otak mengikut sertakan emosi pada setiap peristiwa
dan fikiran
• Membentuk pola – pola makna untuk membangun gambaran
yang lebih besar (whole analyze )
• Memberi kesimpulan tentang informasi yang dimiliki.
Esensi
Dari Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak :
• Pra-pemaparan
dan tahap awal
• Waktu
pembelajaran yang memadai
• Tingkat
ancaman yang rendah atau tidak ada sama sekali
• Persiapan
untuk performa akhir
• Keterlibatan
yang tinggi
Assessment By Process ( Penilaian
Berbasis Proses) :
Evaluasi
tradisional terhadap pembelajaran siswa, tidak memperhatikan semua masalah. Ia
hanya sekedar bertanya, apakah siswa bisa memberikan jawaban yang benar?
Brain Potentials Scale (BPS) :
Dengan BPS, maka seorang guru sebelum masuk kedalam kelas
untuk memulai pembelajaran, sudah mendapatkan data yang cukup untuk mendesain
pembelajaran yang sesuai dengan potensi otak siswa dan cara kerja alami otak
akan berkembang selaras dalam menerima pembelajaran secara holistic.
HOLISTIC LEARNING
Pendidikan Holistik mengakui potensi bawaan SETIAP siswa
untuk cerdas, sistemik, berpikir kreatif.
Pengetahuan
Pendidikan Masa Depan Yang Dapat Menekankan Pengembangan Pendidikan Holistik
Yang Harus Diterapkan :
ü Brain-Based
Learning
ü Multiple
Intelligences
ü Pembelajaran
Kooperatif
ü Pengetahuan
tentang Sistem
ü Emosional
Intelligence
ü Meta-kognisi
(Multi-Indra)
ü Leraning
Style (gaya belajar)
ü Membuat
Pembelajaran biasa menjadi bermakna
Bagaimana Belajar Dengan HOLISTIC LEARNING ?
Metode pembelajaran 3 jalan sederhana :
1) Visceralization (mendalami)
2) Metafora
3) Eksplorasi
Brain Based and Holistic Learning
§ Fungsi
Kerja Otak dalam Belajar : Menemukan Hal-hal baru dalam bentuk karya.
§ Tidak
ada satu hal di dunia bila ingin berhasil maka harus didesain dan direncanakan
sebelum dilakukan
§ BBHL
menganut aliran filsafat konstruktivisme dengan pola pengajaran understanding
by design
§ Menemukan
5 Brain Potential Scale dan 8 Gaya Belajar (Multiple Intelligence) anak untuk memaksimalkan
komunikasi pengajaran dan mengetahui gaya belajar apa yang harus dilayani dan
dilatih oleh GURU.
§ Menerapkan
konsep setiap anak mampu mengikuti pelajaran, asalkan Guru mau berusaha dan
kreatif dalam mengembangkan dirinya supaya profesional.